Catatan Andrie Wongso: Cintai Pekerjaan Kita

“If there is any difference between you and me, it may simply be that I get up everyday and I have a chance to do what I LOVE to do, everyday.”   Warren Buffett

 

Hari Senin identik dengan hari baru untuk kembali mulai bekerja setelah libur Sabtu/Minggu. Tetapi, tidak semua orang bersemangat untuk kembali bekerja, sehingga timbul istilah “I don’t like Monday” dan “Thanks God it’s Friday”.

Kenapa orang malas bekerja/kembali beraktivitas? Kenapa ada rasa enggan untuk memulai hari baru, ketika Senin telah datang?

Ada banyak alasan tentunya, tetapi salah satu alasan yang signifikan adalah karena orang-orang seperti itu tidak bekerja untuk sesuatu yang membuat mereka bergairah; mereka tidak bekerja dalam ruang lingkup pekerjaan yang mereka sukai.

Pernahkah Anda melihat seorang penyanyi atau pelukis yang enggan untuk menyanyi atau melukis? Tidak pernah ada kan? Seorang penyanyi akan sangat bergairah ketika ia diberi kesempatan untuk menyanyi; bahkan kalau bisa di mana saja dan kapan saja ia akan bernyanyi. Alasannya, ia mencintai/menyukai aktivitas bernyanyi.

Demikian juga dengan kita. Misalnya, sales people. Untuk menjadi seorang salesman yang sukses, Anda harus mulai menyukai dan mencintai pekerjaan Anda! Bila tadi pagi Anda tidak bergairah untuk bangun, memulai hari, dan melakukan pekerjaan Anda seperti bertemu pelanggan dan memasarkan produk Anda, bagaimana mungkin Anda bisa mencapai hasil penjualan yang maksimal?

Jadi, seperti yang dikatakan oleh Warren Buffett, orang terkaya ketiga di dunia (Forbes, 2011): “Cintai pekerjaan/aktivitas Anda.” Karena dari rasa cinta inilah, akan lahir “maha karya”, yaitu hasil/karya yang luar biasa!!

Semangat pagi!