Up: Super Vision, Super Action!

Visi adalah pandangan jauh ke depan. Ia akan menjadi peta jalan dan penerang langkah ingin menjadi apa kelak, entah itu versi terbaik diri kita ini, ataupun impian-impian yang ingin kita capai. Bahkan, visi juga bisa berupa keingin kita untuk “meninggalkan” karya apa kelak, ketika kita tidak lagi berada di dunia fana ini.

Kita semua memiliki impian, namun dengan tolok ukur yang berbeda-beda, misalnya beda tujuan dan berbeda cara dan jalan yang ditempuh untuk mencapainya.

Peta jalan tetaplah diperlukan agar memudahkan kita menemukan tujuan akhir perjalanan hidup. Di sinilah peran buku ini, untuk berbagi, bahwa visi yang diunggah ke semesta alam kemudian haruslah dibumikan dengan mengisi diri dengan hal ihwal kebaikan, pendukung pencapaian visi tersebut.

Buku ini terdiri atas delapan judul, empat di bagian Upon:
* uploading vision—pentingnya membuat dan mengunggah visi yang telah ditetapkan.
* updating knowledge—pentingnya mengisi diri dengan ilmu yang bermanfaat.
* upgrading capacity—perlunya melebarkan kapasitas diri dengan melatih diri (practice) dan memberi nutrisi ilmu menuju kompetensi yang diinginkan
* uplift prayer—pentingnya berdoa agar tujuan yang sudah direncanakan didengar dan dikabulkan oleh Sang Maha Pencipta.

Empat di bagian Bottom Up:
* setup planning—perlunya menyusun rencana dari impian yang telah ditetapkan,
* start-up action— melakukan aksi nyata
* wake up: controlling action—tetap selalu terjaga dalam melangkah mencapai impian
* smile up—tetaplah bersabar, bersyukur, dan terus tersenyum atas apa-apa yang telah Tuhan berikan kepada kita.

Buku ini tidaklah menjanjikan hal ikhwal kesuksesan. Tetapi, kesuksesan itu sebenarnya telah terbentang luas di hadapan kita. Tugas kita adalah menjemputnya pada “peta” jalan yang benar. Membawanya menjadi rahmat bagi kita semua. Seperti apa yang dikatakan Alan Kay, seorang Ilmuwan Komputer, “Satu-satunya cara terbaik meramalkan masa depan adalah dengan menciptakannya.” Ukir mimpi, pahatlah karya!